19.37
0

Beberapa bulan yang lalu, sangat marak pemberitaan mengenai pencurian pulsa oleh operator dari layanan konten atau sms premium. Untuk mengatasi hal itu, caranya cukup mudah yakni meng-unreg semua layanan berbayar tersebut dengan cara:





  • Indosat : *726#
  • XL : *321#
  • Telkomsel : *111# atau *116#

Namun, saya sendiri sering mengalami pengurangan pulsa secara tiba-tiba tanpa saya ketahui untuk layanan apa pengurangan pulsa tersebut. Memang sedikit sih, dan jumlahnya tidak bulat (Rp 16, Rp 43, dsb).  Tapi cukup mengganggu karena terjadi berulang-ulang, dan jika diakumulasikan menjadi tidak sedikit lagi.
 
Empat Gambar di atas menunjukkan pulsa saya berturut-turut berkurang Rp 17, Rp 16, dan Rp 7 dalam kurun waktu pengecekan pulsa kurang dari 1 jam, padahal tidak melakukan aktivitas apa-apa (SMS dan telepon) serta sudah menggunakan paket Irit (Unlimited)

Saya menggunakan kartu IM3 serta memanfaatkan voucher SMS dan paket BB Irit (Unlimited). Logikanya, pengurangan pulsa tersebut bukan dari internet ataupun SMS karena saya sudah memiliki paket sendiri. Dengan mengecek ke *726# pun saya tidak berlangganan layanan berbayar apapun.
Dua kali memastikan ke *726#  
Okeh, berarti bukan dari layanan konten/sms berbayar. Setelah diselidik-selidik , hal ini juga terjadi pada teman-teman yg menggunakan Indosat & BB juga. Baik yang menggunakan paket gaul atau irit. Analisis saya adalah pulsa ini berkurang akibat akses internet (browser/whatsapp/aplikasi lainnya) yang  menggunakan jalur gprs, bukan jalur BIS, sehingga menyedot pulsa regular saya.

Oleh karena itu, solusi yang saya lakukan adalah menseting APN (yang semula kosong) menjadi blackberry.net agar semua jalur akses internet melalui jalur BIS, serta menghapus “WAP2 Transport” di service book.  Apa itu APN? Nanti saya bahas di postingan selanjutnya aja ya, cukup panjang soalnya, hehe.  Oia, solusi ini saya ambil karena saya pake paket irit (unlimited), kalo saya hanya paket gaul mungkin solusi yang saya ambil adalah menghapus Whatsapp/aplikasi lain yang dicurigai menyedot pulsa internet. Berikut cara setting APN & hapus service book “WAP2 Transport”.

Cara setting APN: Option -> Advannced Option -> TCP/IP -> Isi APN dengan “blackberry.net”
 


Cara hapus “WAP2 Transport”: Option -> Advannced Option -> Service Book -> Hapus “WAP2 Transport”


Inti dari kedua cara ini adalah menghapus jalur akses internet dari gprs (wap), sehingga akses internet murni dari BIS saja.

Tambahan, pulsa yang berkurang itu juga bias berasal dari aplikasi pihak ketiga seperti UberSocial. Tinggal di atur pilihan jaringannya menjadi BIS, jangan auto network, seperti pada gambar berikut.
Mengatur Pilihan Jaringan UberSocial

sumber : http://blog.mozuqi.com/2011/12/mengatasi-pulsa-yang-berkurang-tiba.html

posted by :