20.14
0

Ahooyyy sobat setia OSS! Gak kerasa ya ujian tengah semester sudah didepan mata. Dan OSS yakin, gara - gara masalah ini yang bikin sobat semuanya galau gak karuan! Apalagi buat mahasiswa kedokteran nih, pusing ngeliat modul - modul, dan materi pakar yang berjibun banyaknya. So, gimana ngatasinnya? Nah... sekarang OSS bagi - bagi jurus ( Halal ) buat menghadapinya!




#Jurus 1
NABUNG


Nabung disini bukan berarti nabung duit ya sobat, atau nabung yang 'itu' tuh.. ( boker! susah amat sih mikirnya! ). Disini maksud OSS, kita nabung materi yang kita pelajari. Jangan pake SKS ( Sistem Kebut Semalam ). Suer deh, pasti otak sobat - sobat pada gila dan hangus! ( mungkin )

Dengan nabung materi, kita bisa bersiap secara maksimal sebelum hari ujian. Hitung - hitung, sobat gak terlalu stress hadapin ujiannya, lantaran sobat udah sip banget persiapannya!

#Jurus 2
PERSIAPAN FISIK


Sebelum ujian dimulai, sobat kudu harus persiapkan fisik sebaik mungkin. Ini tujuannya supaya sobat bisa fit saat ujian. Gak lucu kan kalo sobat sakit perut waktu ujian gara - gara makan gak teratur? Apalagi kalo udah pake sistem SKS... Duh, OSS jamin sobat bakal ngangguk - ngangguk sendiri buat nahan ngantuk sobat. Maka, agar sobat bisa siap '45, gak ada salahnya sobat minum vitamin, makan teratur, dan tidur teratur!

#Jurus 3
PERSIAPAN BATIN


Nah, kalo ini juga salah satu elemen penting! Kalo gak persiapkan batin dengan baik - baik, pasti sobat bakal nervous banget deh! Persiapkan batin sobat dengan refreshing sebelum ujian, ato bisa ikut ibadah di tempat ibadah sobat. Dan ingat, persiapan akan sempurna kalo sobat percaya diri! That's the point, dude!

#Jurus 4
BUAT RANGKUMAN MATERI


Jurus ini terbukti jitu dan ampuh. Dengan merangkum materi, sobat bisa memperpadat materi dan lebih teratur. Selain itu, sobat bisa membaca kembali tanpa ribet. Dan tentunya, rangkuman ini bisa berfungsi lain saat ujian.. Hehehe.. Ups, lupa! Ini jurus - jurus halal, jadi rangkuman gak bole dipake menyontek!

#Jurus 5
BELAJAR KELOMPOK


Menurut OSS nih, kalo belajar kelompok itu sangat bermanfaat. Kenapa? Soalnya kalo sobat belajar sendiri, ada kalanya sobat akan merasa boring dan kalo kebingungan dengan materinya, sobat gak bisa bertanya pada siapapun.

#Jurus 6
BELAJAR DI SAAT SUBUH

Kenapa saat subuh? Saat sobat bangun dari tidur, saat itu otak kita baru selesai di-refresh kembali. Segala pengalaman kemarin akan disimpan dibagian lain otak. Nah, pengalaman hari ini dimulai kembali saat kembali bangun. So, kenapa gak kita isi dengan materi - materi buat ujian? Apalagi dengan pengalaman OSS, dan teman - teman OSS, ternyata belajar saat subuh itu lebih enak dan bila saat ujian kita mengingat jawaban, pelajaran waktu belajar di subuh hari akan cepat diingat!

#Jurus 7

PERSIAPKAN PERALATAN UJIAN SEBELUM H-1


Peralatan ujian, misalnya pensil, penghapus, mistar, jangka, pulpen, tipe-x, baju, celana ( luar / dalam ), dll, harus dipersiapkan sebelum ujian. Kenapa? Ini supaya sobat bisa fokus tanpa mempedulikan hal - hal yang sebenarnya udah gak perlu sobat pikirin.


Sekian dulu jurus - jurus sebelum ujian ( Halal vers ). Kalo ada yang sobat gak ngerti ato masih ada yang kurang, bisa ditambahin di komentar kok! OSS menghormati segala bentuk tulisan... Akhir kata, SELAMAT BERUJIAN!

original posted by :