22.07
0
Salam hangat OSS, sobat. Sekarang ini OSS mau bagi - bagi informasi tentang 'GAGAL JANTUNG'! Nah gagal jantung itu sendiri adalah keadaan dimana jantung sudah tidak dapat / tidak mampu memompa lagi darah keseluruh tubuh. Dan sobat tau kan kalo jantung udah ga bisa memompa lagi? Ya... Mati loh sobat... Matii.... (*sambil pegang senter)

Ok, sekarang kita balik ke topik gagal jantung. Gagal jantung nih lebih dikenal orang - orang yang berhubungan dengan kesehatan (*seperti kayak admin OSS) dengan nama Congestif Heart Failure. Nah CHF ini, begitu singkatannya disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
  1. Kelainan Otot Jantung : keadaan otot jantung (miokard) dimana otot jantung sudah kehilangan kontraktilitasnya. Ya, ga mampu memompa darah gitu...
  2. Aterosklerosis Koroner : peradangan pada pembuluh jantung (koroner/coronaria) sehingga asupan oksigen dan nutrisi pada miokard. Jadi, kalo ga ada nutrisi, jantung otomatis loyo dan ga mampu memompa lagi sobat.
  3. Hipertensi : Kalo ini OSS yakin sobat udah tau pasti. Tapi sobat tau ga, hipertensi itu kan tekanan darah tinggi, nah tekanan darah jadi tinggi karena jantung memompanya kencang dan cepat, nah karena kencang dan cepat, serabut otot jantung jadi melar dan ga mampu lagi memompa seperti sebelumnya. (kayak karet yang direntangkan terus menerus, akhirnya melar dan ga elastis lagi
Setelah tau beberapa faktor penyebab gagal jantung, sobat pasti ingin tau mekanisme gagal jantung. Nah, karena OSS itu baik hatinya dan tidak sombong lakunya, jadi OSS jelasin kenapa gagal jantung bisa terjadi. Setelah faktor - faktor diatas terjadi, maka jantung sudah tidak mampu memompa lagi. Jadi tahap - tahapnya :
  1. Jantung sudah tidak memompa lagi (karena faktor - faktor yang sudah dijelaskan).
  2. Karena jantung sudah tidak mampu memompa, darah yang akan menuju pulmo (paru) akan kembali ke jantung
  3. Nah karena jantung sudah 'kurang punya tekanan' akhirnya darah ikut nimbrung disitu dan darah yang berada di jantung akan terus meluap sampai ke paru - paru. Nah, karena hal tersebut, alveolus (tempat pertukaran oksigen dan CO2) akan mengalami kolaps sehingga tidak terjadi oksigenase di paru.
  4. Karena hal tersebut, tubuh akan dipenuhi oleh CO2 dan terjadi asma. Darah yang menumpuk terus menumpuk beresiko terjadi edema. Dan parahnya kalo terlambat penanganan... Bye-bye sobat...
Nah... Udah agak paham ga dengan mekanismenya? Sekarang kenapa bisa ya jantung gagal memompa? Sebenarnya karena beberapa hal sehingga CHF terjadi, seperti :
1. Merokok

2. Makan makanan 'junk'

3. Malas Olah Raga

4. Mabuk - mabukkan

5. Dll... (*yg penting yg kgk sehat)

Jadi sobat OSS... Ga mau gagal jantung kan? Makanya, waspada dengan hal - hal 'nikmat' disekitar anda..! Ga ada salahnya kan tetap menjaga jantung sobat? :)

sumber : Buku Ajar Gangguan Sistem Kardiovaskuler - Kasron, S.Kp, Ns

original posted by :
cantumkan sumber kalo copas! hargailah jerih payah OSS!