Kembali lagi ke OSS! Nih, sekarang OSS mau bagikan info - info pada sobat OSS! Apakah itu? Yup, that's BERSIN! (*tepuk tangan!). Kenapa bersin? Mau tau? Makanya, simak terus ulasannya dibawah yah! 

OSS kali ini akan ngebahas mekanisme bersin, manfaat, dan fakta - fakta tentang bersin. Soalnya menurut OSS, kegiatan yang sering sobat lakukan ini belum tentu diketahui dengan lugas oleh sobat. Palingan, klo bersin, sobat pasti mikir klo sobat itu 'cuma' sekedar bersin biasa ataupun kena flu. Daripada ngalor - ngidul ga jelas, OSS mulai aja ya!

Penyebab Bersin

Bersin itu disebabkan rangsangan partikel - partikel jahat ( bukan bakteri yang di yakult yaa ) ataupun mikroorganisme yang asing bagi tubuh dan cairan berlebihan ( ingus juga termasuk ). Karena rangsangan tersebut, otak kita secara refleks ataupun sadar akan melakukan kegiatan BERSIN! Oh ya... Bersin akan terjadi kalo mikroorganisme asing dan kotoran - kotoran dihidung sudah mencapai maksimal dan harus segera disingkirkan. Jadi, sobat gak perlu bingung kalo bersin kita hanya terjadi 'sesekali'. Tapi gimana saat kita flu? Namanya aja lagi sakit, jadi otomatis banyak bersinnya dong!


Mekanisme Bersin
 
Seperti yang dijelaskan OSS diatas, bersin akan dilakukan oleh tubuh bila segala 'sesuatu' (banget yaa - syahrini ) di hidung itu sudah berlebihan. Nah, syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut. Setelah selesai bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali.

Manfaat
Kalo sobat masih belum 'ngeh' dengan manfaatnya, nih OSS kasih tau lagi! Manfaat bersin adalah UNTUK MEMBERSIHKAN HIDUNG. Bukan cuma lagi ngupil satu - satunya cara buat ngebersihin hidung sobat. Jadi bersin pun itu salah satu kegiatan tubuh untuk membersihkan hidung. Gak perlu pake jari telunjuk buat ngerbesihin ( ato ada sobat yang pake jempol?? Ha?? Jempol kaki?! ).

Fakta Bersin

  • Saat bersin, hidung akan mengeluarkan 100.000 partikel lendir serta mikroorganisme bersin.
  • Saat bersin, kecepatan udaranya sekitar  70 m/detik (250 km/jam). Kurang cepat? Mungkin sobat butuh bersin sambil kendarain Ninja RR.
  • Saat bersin, jantung akan berhenti berdenyut loh! Kebayang gak, saat sobat bersin terus jantungnya gak kembali berdenyut?? Mati loh! Matii!!!! ( OSS gak nyumpahin sih... )
  • Mata akan terpejam saat bersin. Kenapa? Kalo mata gak tertutup, partikel dan mikroorganisme yang dikeluarkan hidung bisa menginfeksi mata.
  • Bersin juga bisa menjadi salah satu bentuk penularan penyakit, seperti influensa, dll.
  • Ada juga bersin yang disebabkan alergi. Bisa karena alergi serbuk bunga, bulu binatang, cuaca / iklim, dll. Ini bisa disebabkan karena sarabut hidung yang lemah.
  • Bersin bisa ditahan, tapi sangat berbahaya bagi tubuh. Udara yang dilepaskan hidung begitu cepat kembali ke dalam tubuh, dan bisa membahayakan paru - paru. Selain itu, partikel dan mikroorganisme berbahaya akan lebih masuk kedalam tubuh dan membahayakan kesehatan. Jadi bersinlah sepuasnya dan sekeras - kerasnya!! ( asal gak didepan gebetan sobat )
Nah, itulah seputar bersin yang bisa diulas OSS! Kalo ada yang gak ngerti, bisa dikomen dibawah. Jangan lupa like fanpage OSS disini dan follow twitter OSS @omongan_ss! Akhir artikel OSS cuma mau pesanin. Walaupun bersin itu banyak manfaat, jangan terlalu over deh saat bersin. Bahaya loh kalo bersin terus keluar cairan - cairan peluh kuning - hijau dari hidung, bisa berabe ngebersihinnya ( apalagi kalo gak punya tissu )... Ok?

sumber :